Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal Energi Terbarukan

1.      Apa kesan yang didapatkan setelah mengamati dan mengidentifikasi energi terbarukan?

Jawab:

Energi terbarukan merupakan energi yang dapat diperoleh ulang atau dapat diperbarui sehingga ketersediaannya besar di alam. Energi terbarukan juga berasal dari alam sehingga tidak menimbulkan kerusakan lingkungan. Energi terbarukan sangat potensial untuk digunakan untuk membangkitkan energi listrik.

Saat ini di Indonesia, meskipun energi terbarukan yang tersedia cukup melimpah tapi belum dapat dimanfaatkan secara optimal karena pengetahuan dan kemampuan pengolahnya yang masih terbatas.

2.      Jelaskan jenis-jenis energi terbarukan menurut pemahamanmu.

Jawab:

a.       Energi matahari

Energi matahari merupakan sumber energy yang berasal dari matahari atau surya melalui sel surya yang terdiri atas foton yang memiliki jumlah energi yang berbeda pada spectrum cahaya. Foton yang dapat membangkitkan energi listrik

adalah yang terserap oleh sel surya.

b.      Energi angin

Energi angin merupakan sumber energi yang berasal dari tenaga kinetik angin untuk menghasilkan tenaga mekanik. Tenaga mekanik ini dimanfaatkan untuk memompa air atau dikonversikan lebih lanjut menjadi listrik dengan bantuan generator.

c.       Energi biomassa

Energi biomassa adalah jenis bahan bakar yang dibuat dengan mengkonversi bahan biologis seperti tanaman. Bahan organik juga dapat diperoleh dari hewan dan mikroorganisme.

d.      Energi biogas

Energi biogas dihasilkan dari proses fermentasi bahan bahan organik oleh bakteri anaerob, yaitu bakteri yang dapat hidup dalam kondisi kedap udara. Biogas adalah gas yang mudah terbakar.

e.       Energi air

Energi air adalah sumber energy yang memanfaatkan dorongan air atau gerakan dari air yang bergerak sehingga menghasilkan tenaga dan dorongan untuk menggerakkan turbin atau generator pembangkit listrik.

f.       Energi panas bumi

Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi.

g.      Energi gelombang laut

Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut.

3.      Energi terbarukan selain energi angin, energi surya, energi biomassa, energi air masih terdapat energi terbarukan yang lainnya. Jelaskan.

Jawab:

Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut. Indonesia sebagai negara maritim yang terletak diantara dua samudera berpotensi tinggi memanfaatkan sumber energi dari gelombang laut. Sayangnya sumber energi alternatif ini masih dalam taraf pengembangan di Indonesia.

Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. Namun pemanfaatannya masih terkendala pada teknologi eksploitasi yang hanya dapat menjangkau di sekitar lempeng tektonik.

Energi biogas dihasilkan dari proses fermentasi bahan bahan organik oleh bakteri anaerob, yaitu bakteri yang dapat hidup dalam kondisi kedap udara. Biogas adalah gas yang mudah terbakar.


4.      Apa yang kamu ketahui tentang pembangkit listrik tenaga hybrid?

Jawab:

Energi hibrid, yaitu pembangkitan energi listrik yang berasal dari perpaduan dua atau lebih sumber energi yang berbeda misalnya energi surya, energi angin, energi biogas untuk mencapai kehandalan ketersediaan listrik yang dihasilkan.

Cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Hybrida ini tergantung pada bentuk beban atau jumlah pemakaian energinya. Pemakaian energy ini sangat tergantung pada jumlah sumber energy yang tersedia.

5.      Ayo, lakukan studi referensi tentang energi biomassa. Mengapa biomassa dikatakan energi terbarukan? Langkah apa yang bisa diambil untuk ketersediaan bahan baku energi biomassa? Apa saja sumber energi biomassa? Apa keuntungan dan kerugian dari energi biomassa? Apa manfaat bagi lingkungan sekitar?

Jawab:

Biomassa merupakan jenis sumber energi terbarukan yang diperoleh dari materi alami. Energi biomassa adalah jenis bahan bakar yang dibuat dengan mengkonversi bahan biologis seperti tanaman. Bahan organik juga dapat diperoleh dari hewan dan mikroorganisme. Seperti diketahui, tumbuhan memproduksi makanan dengan bantuan sinar matahari melalui proses fotosintesis. Energi ini lantas ditransfer ke hewan dan manusia saat mereka mengkonsumsi tumbuhan.

Sumber energy biomassa biasanya berasal dari limbah pertanian, biogas, tanaman energy dan kayu. Biomassa adalah materi biologis yang diperoleh dari tumbuhan dan hewan dan terdiri dari sejumlah besar karbon serta unsur lain dalam proporsi lebih kecil seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, alkali tanah, dan logam berat.

Keuntungan energy biomassa antara lain, sumber energy terbarukan dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Sedangkan kekurangan energy biomassa yaitu, mahal, sumber terbatas dan penyebab polusi.

Selain itu manfaat energy biomassa bagi lingkungan sekitar yaitu dapat mengurangi polusi jika tanamannya tidak dibakar langsung daripada energy fosil. Energi biomassa juga salah satu cara memanfaatkan kembali limbah sehingga tidak menimbulkan pencemaran yang cukup parah

6.      Ayo, cari contoh pembangkitan listrik sederhana yang ada di daerahmu.

Jawab:
Kincir angin, kincir air, panel surya, dan pembangkit listrik energy biogas.