Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Istilah-istilah Di Internet

Pada saat bekerja dengan internet kita akan banyak menemui istilah yang berhubungan dangan internet. Istilah istilah tersebut perlu di pahami dengan baik sehingga nantinya kita tidak bingung pada saat bekerja dengan internet. Beberapa istilah yang umum sebagai berikut :

INTERNET adalah jaringan internet yangt lebih kecil , biasanya di bangun dan di miliki  oleh perusahaan untuk menghubungkan beberapa komputer perusahaan tsb.
BRUWSER atau web browser merupakan program yang digunakan utk mengakses internet
SEARC ENGINE suatu progam di website tertentu yang di gunakan untuk mencari informasi yang ada di internet .
URL ( uniform resourrce locater ) sistem pemberian nama alamat website jg merupakan alamat dari sebuah halaman web
BANDWIDTH adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan utk mentranfer data dlm jangka wktu tertentu, dan satuan ukuran utk bandwidth adalah mega bit per sekon (Mbps) atau kilo bite per sekon (Kbps)
BROWSING adalah suatu metode untuk menjelajah Word Wide Web ( WWW) dalam internet .
DOWNLOAD adalah istilah resmi untuk mengambil data data dari dalam internet atau Online Server lainya .Data atau file tersebut daitransfer melalui jaringan telpon dan transfer ke dalam komputer local .
UPLOAD adalah proses penempatan file dari komputer kita ke sebuah server di internet .
SERVER adalah komputer yang mmemberi layanan kepada komputer lain yaitu komputer client. Di internet , server selain memberikan layanan juga berfungsi sebagai tempat menyimpan dokumen dokumen web dari webside tertentu.
CLIENT adalah komputer yg ada dlm sbh jaringan yg berfungsi sbg penerima layanan.
FREEWARE adalah perangkt lunak atau program yg d tempatkan di internet dan di bagi scra gratis.
SHAREWARE adalah program komputer di internet yg dpt di download dan dpt kita gunakan dalam jangka waktu tertentu, jika ingin menggunakan terus menerus maka kita harus membelinya.
WEBSITE adalah kumpulan dari halaman halaman web yg saling terkait. website sering juga di sebut dengan situs, site atau juga portal.
ISP (Internet Service Provider ) adalah pemyedia layanan jasa koneksi ke internet , agar bisa terhubung dengan internet maka komputer kita harus terhubung dengan ISP
HOMEPAGE adalah halaman pertama yang terdapat dalam sebuah website . Homepage sering juga di anggap ''rumah'' dalam bentuk halaman web .
ONLINE adalah keadaan dimana komputer kita tersambung dengan internet.
OFF-LINE adalah keadaan dimana komputer kita terputus dengan internet.
LOGIN adalah proses masuk pd halaman sebuah halam web diinternet yg sifatnya personal/otoritas dengan memasukan user ID dan juga password. sebagai contoh saat kita masuk pada email kita.
LOGOUT adalah proses keluar dari sebuah halaman web yg hanya dapat diakses oleh orang yg punya otoritas tsb.
DIAL-UP CONNECTION adalah metode koneksi ke ISP menggunakan jaringan telepon.
DOMAIN NAME lokasi organisasi atau perseorangan dlm internet. misalnya edu : organization,sch : sohool, ac : academik, com : commercial, net : network, org: organization dll.
FTP ( file transfer protokol ) adalah metode dalam melakukan transfer file menggunakan imternet .Biasanya di gunakan untuk meng -upload file ke server lain
HIPERLINK adalah koneksi antara sebuah elemen ( kata , gambar , atau imformasi ) dalam sebuah dokumen dalam linhgkungan web .Pengguna dapat mengklik elemen - elemen tersebit yag biasamya di garis bawahi warna kusus .
SURFING adalah suatu kegiatan mengunjungi situs , dari satu situs le situs lainnya untuk encari informasi - informasi yang di butuhkan oleh pengakses