ENERGI MASA DEPAN

Air adalah salahsatu dari energi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber putaran pada poros turbin, dll

Mari Bergabung

Lorem ipsum dolor sit amet, nisl elit viverra sollicitudin phasellus eros, vitae a mollis. Congue sociis amet, fermentum lacinia sed, orci auctor in vitae amet enim. Ridiculus nullam proin vehicula nulla euismod id. Ac est facilisis eget, ligula lacinia, vitae sed lorem nunc.

SEMANGAT PAPUA YANG HILANG

 Setelah mengikuti berbagai perkembangan dansituasi yang terjadi ada beberapa aksi yang dibuat ataupun sekedar kumpul untuk berdiskusi dan membahas persoalan yang terjadi ditanah Papua, selalu saja yang terlihat hanya segelintir orang, sekelompok anak papua yang masih peduli lalu bagaimana dengan anak papua, generasi muda papua yang lainya ?
Melihat hal ini maka timbulah pemikiran dan pertanyaan apa  yang membuat semangat Papua Merdekahilang, takutkah ?  entahlah apa yang membuatsemangat itu hilang tetapi ada beberapa hal yang mempengaruhi atau melatarbelakangi hilangnya rasa kebersamaan, rasa persatuan  diantaranya seperti dibawah ini :

1.     Kurangnya PengetahuanSejarah Papua
Kurangnya Pengetahuan SejarahPapua, karena sejak bangku sekolah dasar sampai tingkat  perguruan tinggi sejarah yang dipelajariadalah sejarah bangsa Indonesia, dasar, lambang dan lainnya tentang Indonesia sementaratentang sejarah Papua tidak ada sama sekali.

2.     Ruangpergaulan yang sempit
Bergaul sebatas kumunitasataupun belajar dalam lingkup area sekolah saja, tanpa ada pembauran denganrekan-rekan kabupaten lainnya, mungkin karena rasa malu hati yang tinggi atau hallainnya, setidaknya ini membuat informasi dan berita-berita tentang papua tidakbegitu diketahui.

3.     Traumasituasi
Mengikuti perkembangan situasidan kondisi yang terjadi di Papua, dimana kekerasan dipakai sebagai solusiuntuk menghancurkan, untuk meredam dan untuk membubarkan massa pendukung papua merdeka. Aksi demo,unjukrasa, penuntutan ini dan itu, selalu berakhir dengan bentrok dan banyakrakyat papua yang menjadi korban; hal inipula yang membuat separuh generasimuda papua takut untuk ambil bagian didalam gerakan-gerakan yang ada. Takutakan bahaya yang akan didapat. 

4.     Pengaruhpergaulan luar
Malas bergaul dengan anak-anak Papualainya lebih memilih bergaul dengan suku-suku diluar Papua, hal ini bisa dilihatdari ada banyak anak Papua yang malas tahu akan adanya aksi ini atau itutentang Papua, lebih memilih bersantai bersama teman bergaulnya dan menganggapapa yang dilakukan sesame papua lainnya adalah suatu hal yang aneh, lucu danlain sebagainya. 

5.     Hal-hal lain
Sikap pasif, memilih diam untuksegala situasi, membiarkan yang lain bergerak. Malas tau.

 
Kurang dan lebih, Ini pendapat saya dan apa yangsaya lihat coba saya tuliskan disini; masih ada beberapa hal lainnya lagi tetapdicukupkab batas ini saja. Bukan maksud hati untuk saling mematahkan semangat Papua ataupun menyalahkan yang laintetapi bagaimana kita sudahi, mari kita sadari sebagai generasi penerus bangsa Papua, kitaharus bersatu, bangkit dan lawan sistem Negara Indonesia.
By. Phaul Heger



 

Kejujuran adalah batu penjuru dari segala Kesuksesan,Pengakuan adalah motivasi terkuat.
Bahkan kritik dapat membangun rasa percaya diri saat "disisipkan" diantara pujian.